[SALAH] Kuburan Massal Diduga Korban Panji Gumilang

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Klaim penemuan kuburan massal di Pondok Pesantren Al Zaytun adalah tidak benar. Thumbnail video pun tidak memiliki kaitan dengan judul ataupun isi video.

===========

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1692982719.838817/singlefile.html

===========

[NARASI]: “GEGER || PENYIDIK POLRI TEMUKAN KUBURAN MASSAL DI AL-ZAYTUN, DIDUGA KORB4N PANJI GUMILANG

===========

[PENJELASAN]: 

Mencuat kabar mengenai adanya penemuan kuburan massal korban dari Panji Gumilang, klaim tersebut muncul dari channel Youtube Garuda News pada 18 Agustus 2023 lalu.

Pada thumbnail unggahan tersebut menampilkan suatu proses pemakaman korban yang dihadiri ribuan warga. Thumbnail itu dikaitkan dengan penemuan kuburan di Ponpes Al-Zaytun. Berdasarkan penelusuran, gambar tersebut diambil dari sebuah artikel detik.com berjudul “Ribuan Warga Lepas Korban Kecelakaan Maut ke Peristirahatan Terakhir”

Sedangkan untuk isi videonya sendiri narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Demi Bela Panji Gumilang Omongan Pablo Benua Makin Ngaco, Sampai Meludah Pun ke Langit”. Isi dari artikel tersebut sendiri membahas tentang Pablo Benua menjadi salah satu pembela mati-matian Panji Gumilang.

Selebihnya tidak ditemui bukti yang kredibel mengenai benar adanya kuburan massal korban dari Panji Gumilang. Temuan serupa juga pernah diulas turnbackhoax.id dengan artikel berjudul “[Salah] Video Aparat Temukan Kuburan Massal di Al Zaytun Diduga Korban Panji Gumilang”

===========

 [REFERENSI] :

https://news.detik.com/foto-news/d-3861662/ribuan-warga-lepas-korban-kecelakaan-maut-ke-peristirahatan-terakhir

https://sumeks.disway.id/read/675359/demi-bela-panji-gumilang-omongan-pablo-benua-makin-ngaco-sampai-meludah-pun-ke-langit