[SALAH] GANJAR AKUI SUAP KPK UNTUK JEGAL ANIES ATAS PERINTAH JOKOWI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi yang menyesatkan, selain thumbnail merupakan hasil rekayasa, dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi kredibel terkait Ganjar yang mengakui dirinya suap KPK untuk jegal Anies atas perintah Jokowi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/T4FJ-SLPC (Youtube)

=======

[NARASI]:
TAKUT DIP3NJ4R4, GANJAR MENANGIS BERSUJUD AKUI DIRINYA SUAP KPK UNTUK JEGAL ANIES ATAS PERINTAH JKW?

~~ MENGEJUTKAN..!!!
GANJAR MENANGIS DIHADAPAN ANIES?
TAKUL DIP3NJ4R4, GANJAR MENANGIS BERSUJUD AKUI DIRINYA SUAP KPK UNTUK JEGAL ANIES ATAS PERINTAH JKW!
=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan Ganjar akui suap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk jegal Anies atas perintah Jokowi beredar dari channel youtube Rahasia Politik.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Ganjar bersujud dihadapan Anies merupakan hasil rekayasa. Isi dalam video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan dari video berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tvonenews.com berjudul “Sindiran Menohok Anies Baswedan Minta Negara Tak Pengaruhi Pilpres 2024: Jangan Melecehkan Rakyat” yang tayang pada 8 Mei 2023.

Dengan demikian klaim video yang menyatakan Ganjar akui suap KPK untuk jegal Anies atas perintah Jokowi tidak benar dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]
https://www.tvonenews.com/berita/nasional/120453-sindiran-menohok-anies-baswedan-minta-negara-tak-pengaruhi-pilpres-2024-jangan-melecehkan-rakyat