[SALAH] Foto Jantung Dewa Sri Krishna Berbentuk Patung Kayu Masih Berdetak Hingga Hari Ini

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto yang diklaim jantung Dewa Sri Krishna adalah karya seni dari seniman asal Rusia, Dimitri Tsykalov. Karya seni berbentuk jantung tersebut dibuat pada 2001 yang kemudian dipamerkan di Galeri Rabouan Moussion di Paris, Perancis pada 2002. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://web.archive.org/web/20230616110647/https:/twitter.com/IMightyWarrior/status/1669542658476310528

= = =

Narasi:

“Ketika Sri Krishna meninggalkan tubuhnya, dia dikremasi, seluruh tubuhnya dicampur dalam lima elemen, tetapi jantungnya berdetak seperti manusia normal dan itu benar-benar aman, hatinya aman sampai hari ini, yang terletak di dalam patung kayu Dewa Jagannath dan berdetak dengan cara yang sama. Sangat sedikit orang yang mengetahui hal ini”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto di Twitter yang diklaim merupakan foto dari jantung Dewa Krishna yang masih berdetak hingga hari ini. Dalam kepercayaan agama Hindu, jantung Dewa Krishna masih hidup dan didedikasikan untuk Dewa Jagannath yang tersimpan di Kuil Jagannath, Odisha, India.

Setelah ditelusuri foto yang diklaim merupakan jantung Dewa Krishna adalah klaim yang menyesatkan. Faktanya foto patung kayu yang berbentuk jantung tersebut adalah karya seni yang dibuat oleh seniman asal Rusia, Dimitri Tsykalov. Dilansir dari AFP, kayu tersebut dipamerkan pada Galeri Rabouan Moussion di Paris, Perancis sejak 2002.

Dengan demikian, foto jantung Dewa Sri Krishna berbentuk patung kayu adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33MU7N3

===