[SALAH] DANA 12 MILIAR UNTUK SYARAT AHY MENJADI CAWAPRES ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul dan isi video tidak berkaitan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi terkait ditemukannya dana 12 miliar untuk syarat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi cawapres Anies Baswedan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://www.youtube.com/watch?v=Ou6JvGCATaI&ab_channel=POLITIKNUSANTARA
https://archive.cob.web.id/archive/1692089691.052248/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
APA APAAN INI !! DANA HARAM 12 MILIAR BERHASIL DI TEMUKAN..BENARKAH SEGINI MAHAR AHY UNTUK ANIES ?!

TERBONGKAR SEMUANYA
DANA HARAM 12 MILIAR DI TEMUKAN
BENARKAH SYARAT AHY JADI CAWAPRES ANIS SEGITU?!

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukan dana 12 miliar untuk syarat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi cawapres Anies Baswedan beredar dari channel youtube bernama POLITIK NUSANTARA.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi. Isi dalam video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa video yang telah beredar di internet sebelumnya yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang beredar.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari pinterpolitik.com berjudul “Anies di Ujung Tanduk: Ribut Nasdem-Demokrat Soal “Uang”?” yang diunggah pada 10 Agustus 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim dalam video yang menyatakan ditemukan dana 12 miliar untuk syarat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi cawapres Anies Baswedan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======