[SALAH] Khofifah Pimpin Kampanye, Jutaan Warga Jawa Timur Deklarasi Dukung Anies

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai kampanye warga Jawa Timur yang dipimpin oleh Khofifah. Narasi dalam video hanya menjelaskan tentang kriteria bakal calon presiden yang diharapkan oleh Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/P4PJ-4FSU (YOUTUBE)

=====

[NARASI]:
“Istana Panik total !! Khofifah pimpin kampanye, jutaan warga Jatim berbondong² deklarasi anies”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin kampanye jutaan warga Jawa Timur untuk mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan. Dalam klaim video disebutkan bahwa hal ini membuat pihak istana panik.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ditemukan informasi valid yang mendukung klaim pada video. Narasi yang dibacakan dalam video merupakan artikel yang diunggah oleh Suara.com dengan judul “Blak-blakan! Anies Baswedan Ungkap Sosok Bakal Cawapres yang Akan Mendampinginya di Pilpres 2024.”

Dalam artikel yang diunggah pada 12 Agustus 2023 tersebut berisi informasi tentang Anies Baswedan yang disebut blak-blakan mengungkap kriteria bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

Anies menyebutkan kriteria bacapresnya harus bisa membantu pemenangan, membuat koalisi semakin solid, membantu di dalam proses pemerintahan bila ditakdirkan menang, mempunyai visi yang sama, dan tentu memiliki kepribadian yang baik.

Kriteria yang disebutkan Anies ini merujuk pada video yang diunggah Anies melalui kanal Youtube-nya yang berjudul “Inilah Kriteria Bakal Cawapres Anies”.

=====

[REFERENSI]:

– https://denpasar.suara.com/read/2023/08/12/064500/blak-blakan-anies-baswedan-ungkap-sosok-bakal-cawapres-yang-akan-mendampinginya-di-pilpres-2024
– https://www.youtube.com/watch?v=OsqQLtunQZI&ab_channel=AniesBaswedan