[SALAH] Putri Candrawati dan Kuat Ma’ruf Resmi Menikah

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah Unggahan video dengan klaim bahwa Putri Candrawati dan Kuat Ma’ruf telah resmi menikah adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi adanya pernikahan antara Putri C dengan Kuat Ma’ruf.

==== [

KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690605616.242456/singlefile.html

====

[NARASI]: “GEMPAR MALAM INI || PENIKAHAN PUTRI C DAN KUAT M TERNYATA SUDAH LAMA”

====

[PENJELASAN]: Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim bahwa Putri C dan Kuat Ma’ruf telah menikah. Dalam Thumbnail terlihat Kuat Ma’ruf bersama seorang wanita tampak melangsungkan pernikahan. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai video CCTV Kuat Ma’ruf dan Putri C dalam satu lift di rumah Ferdy Sambo.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait pernikahan antara Kuat Ma’ruf dan Putri Candrawati. Narasi dalam video tersebut diambil dari artikel kompas.com yang berjudul “CCTV Ungkap Kuat Ma’ruf dan Putri Candrawathi Bersama Gunakan Lift ke Lantai 3 Rumah Pribadi Ferdy Sambo”. Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas mengandung informasi yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]

[1] https://nasional.kompas.com/read/2022/12/20/13045811/cctv-ungkap-kuat-maruf-dan-putri-candrawathi-bersama-gunakan-lift-ke-lantai

[2] https://nasional.kompas.com/read/2022/12/20/13045811/cctv-ungkap-kuat-maruf-dan-putri-candrawathi-bersama-gunakan-lift-ke-lantai