[SALAH] “obat cacing di salurkan ke semua skolah2 ujung2nya pasti cmn buat depopulasi”

Informasi menyesatkan. Faktanya, Pemberian Obat Pencegahan Secara Massal Cacingan (POPM) merupakan pemberian obat cacing sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan cacingan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Vena Mth (fb.com/100089034847463) pada 12 Agustus 2023 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar yang menampilkan obat dengan merk Albendazole dengan narasi:

“Hati2 dgn segala pemberian dr mereka secara gratis yg ujung2nya pasti cmn buat depopulasi..obat cacing di salurkan ke semua skolah2 secara gratis yg lucunya anak2 sekolah hrs minum didepan para nakes..sementara jika obatnya dibawa ke rmh sdh pasti ortu yg lebih jitu dlm soal mengajarkan anak buat minum obat2an..kira2 aman nggk ya?”

Sumber: archive.ph/FHHYc (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya klaim bahwa pemberian obat cacing Albendazole scara gratis cuma untuk depopulasi merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, Pemberian Obat Pencegahan Secara Massal Cacingan (POPM) merupakan pemberian obat cacing sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan cacingan.

Dikutip dari situs uks.kemdikbud.go.id, Pemberian Obat Pencegahan Secara Massal Cacingan (POPM) disebut POPM Cacingan merupakan pemberian obat cacing secara serentak kepada semua penduduk sasaran di wilayah berisiko cacingan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan cacingan.

POPM Cacingan dilaksanakan di kelas masing-masing dua kali dalam 1 (satu) tahun untuk daerah kabupaten/kota dengan prevalensi tinggi dan satu kali dalam 1 (satu) tahun untuk daerah kabupaten/kota dengan prevalensi sedang. Pemberian obat cacing diberikan pada peserta didik tingkat PAUD (TK/RA/KB/BA/TPA/SPS) dan SD/MI. Obat cacing diberikan sejak anak umur 1 tahun lanjut sampai umur 12 tahun. Pemberian 1 kali per tahun sesuai dosis.

Dikutip dari situs klikdokter.com, Albendazole adalah obat untuk mengatasi infeksi cacing, seperti sistiserkosis dan echinococcosis. Kandungan Albendazole bekerja dengan cara merusak sel usus cacing. Efeknya, cacing tidak bisa menyerap gula, hingga kehabisan energi, lalu mati. Obat Albendazole masuk dalam kelompok antelmintik (anticacing), yang bekerja membunuh parasit cacing di dalam tubuh.

Selain itu dilansir dari situs dinkes.inhukab.go.id, obat cacing bernama Albendazole ini berikan dengan tujuan:

1. Dapat mengoptimalkan penyerapan karobohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

2. Mengurangi Stunting pada anak.

3. Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing.

REFERENSI
https://uks.kemdikbud.go.id/program/pemberian-obat-cacing
https://www.klikdokter.com/obat/obat-antiparasit/albendazole
https://dinkes.inhukab.go.id/batangperanap/2019/08/22/pentingnya-pemberian-obat-cacing-pada-anak/

About Adi Syafitrah 1628 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo