[SALAH] Kondisi Rumah Rocky Gerung Usai Dilalap Si Jago Merah

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah Unggahan video dengan klaim kondisi rumah Rocky Gerung ludes usai dibakar massa adalah konten yang menyesatkan. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak memuat informasi mengenai kondisi rumah Rocky Gerung yang ludes dibakar massa.

====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1691979990.041823/singlefile.html

====

[NARASI]: “BEGINI KONDISI RUMAH ROCKY GERUNG SAAT INI, MASSA LANGSUNG BAKAR KEDIAMANYA”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube “Kabar News” mengunggah video dengan klaim bahwa rumah Rocky Gerung ludes dilalap api karena dibakar massa. Faktanya dilansir dari okezone.com demo yang terjadi di villa milik Rocky Gerung berjalan secara kondusif, tidak ada aksi anarkis ataupun sampai membakar rumah Rocky.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Setelah dilakukan penelusuran foto dalam Thumbnail tersebut merupakan foto kebakaran Balai Kota Bandung pada tahun 2022 lalu.

Dalam video berdurasi 8 menit 10 detik tersebut juga membahas pembakaran rumah Rocky Gerung akibat aksi massa demo. Rupanya narator hanya membacakan narasi dari artikel yang berjudul “Villa Rocky Gerung di Bogor Jadi Sasaran Demo, Polisi Pastikan Kondusif” milik okezone.com. Sehingga dapat disimpulkan unggahan di atas merupakan konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1] https://megapolitan.okezone.com/read/2023/08/07/338/2859714/villa-rocky-gerung-di-bogor-jadi-sasaran-demo-polisi-pastikan-kondusif?page=2

[2] https://www.victorynews.id/nasional/amp/pr-3315488783/kebakaran-balai-kota-bandung-jadi-tontonan-masyarakat