[SALAH] Gelar Deklarasi Akbar, Tommy Soeharto Ajak Seluruh Warga Jateng Dukung Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai deklarasi akbar yang digelar Tommy Soeharto untuk mendukung Anies Baswedan. Narasi dalam video justru menjelaskan deklarasi dukungan yang dilakukan oleh Jaman (Jaringan Anies Mania).

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1691669783.230738/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Mengejutkan :exclamation:Tepat hari ini Tomy Suharto ajak seluruh warga Jateng untuk dukung penuh ke Anies 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim Tommy Soeharto mengajak seluruh warga Jawa Tengah untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang. Dalam gambar pratinjau video, disebutkan bahwa Tommy menggelar deklarasi akbar untuk memberi dukungan penuh kepada Anies.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai deklarasi akbar yang digelar Tommy Soeharto seperti yang tertera pada klaim. Dalam video berisi cuplikan kegiatan melibatkan Tommy yang tidak memiliki kaitan dengan klaim. Narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel Sindonews dengan judul “Jaman Deklarasi Dukung Anies Baswedan di Kampung Nelayan.”

Dalam artikel yang diunggah pada 30 Juli 2023 tersebut berisi tentang sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Jaringan Anies Mania (Jaman) mendeklarasikan dukungan untuk bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Deklarasi mereka digelar di Kampung Nelayan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu 30 Juli 2023.

Elemen masyarakat yang tergabung dalam Jaman adalah Komunitas Pendukung Anies, Alumni Trisakti, Alumni Budi Utomo, dan Nelayan Muara Angke. Secara bergantian mereka menyampaikan bagaimana rekam jejak Anies ketika memimpin Jakarta yang menjadi alasan mereka akan berjuang mengantarkan Anies ke kursi RI 1.

Selain itu, gambar pratinjau pada video bisa dipastikan merupakan hasil manipulasi. Dalam gambar terlihat Tommy dan Anies berdampingan dalam sebuah acara. Namun jika diamati dengan cermat, gambar Anies terlihat merupakan hasil suntingan karena memiliki perbedaan resolusi dan pencahayaan.

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.sindonews.com/read/1163943/12/jaman-deklarasi-dukung-anies-baswedan-di-kampung-nelayan-1690722473
– https://turnbackhoax.id/2023/07/29/salah-tomy-soeharto-pimpin-kampanye-anies-baswedan-di-gelora-bung-karno/