[SALAH] KEBAKARAN GEREJA DI BOSTON SAAT ADAKAN PERNIKAHAN SESAMA JENIS

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya klaim tersebut keliru. Kebakaran disebabkan oleh petir yang menyambar bangunan gereja dan tidak ada kegiatan pernikahan yang berlangsung ketika terjadi kebakaran.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1691504000.5168/turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2023/08/Kebakaran-gereja.pdf (Facebook)

=======

[NARASI]:
Kebakaran memusnahkan sebuah gereja di Boston pada tanggal 3 Juni saat dua homoseksual terkenal akan menikah. Tiba-tiba petir yang kuat menyambar gereja ini yang langsung terbakar tak terkendali meski memiliki konduktor petir. Gereja ini terkenal dengan kebanggaan LGBTQ+🌈 dan sebagian besar kaum gay pergi untuk menikah di sana. Hebatnya, tidak ada satupun truk pemadam kebakaran 🔥 yang mampu mencapainya untuk memadamkan api sebelum benar-benar padam. Tentunya, langit sudah muak dengan perilaku orang2 gay.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun facebook bernama Feri Indriawan yang menampilkan sebuah bangunan terbakar bernarasikan bahwa bangunan tersebut adalah sebuah gereja di Boston yang sedang mengadakan pernikahan sesama jenis pada 3 Juni lalu.

Berdasarkan penelusuran, dengan melakukan pencarian pada petunjuk watermark video yang merujuk ke situs boston25news.com, ditemukan pemberitaan terkait kebakaran gereja First Congressional di Boston pada 2 Juni pukul 13.00 waktu setempat.

Kebakaran tersebut terjadi akibat petir menyambar bangunan gereja dari kayu yang sudah berdiri sejak 1753 tersebut.

Video yang beredar tersebut merupakan rekaman video dari seseorang bernama Jonathan Kelly dan diunggah oleh akun twitter resmi @boston25 pada 3 Juni 2023.

Mengutip dari apnews.com, Robert Parson selaku Kepala Pemadam Kebakaran Spencer mengatakan bahwa tidak ada pernikahan yang berlangsung di hari kejadian kebakaran, gereja dalam keadaan terkunci dan tidak ada yang bekerja di gereja pada saat itu.

Dengan demikian video gereja di Boston terbakar saat mengadakan pernikahan sesama jenis adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/08/04/171800082/-hoaks-gereja-di-boston-kebakaran-saat-adakan-pernikahan?page=all#page2

https://apnews.com/article/fact-check-church-fire-massachusetts-lgbt-wedding-lightning-938759169005

https://www.boston25news.com/news/local/historic-church-spencer-destroyed-fire-officials-say-avoid-area/TAQ6UJ42NJBJHBKHITKJMGP7FE/