[SALAH] Justin Bieber Bawakan Lagu Loneliness Ciptaan Putri Ariani saat Manggung di London

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa suara Justin Bieber yang menyanyikan lagu Loneliness karya Putri Ariani sebenarnya adalah hasil buatan aplikasi AI Voice Generator bukan suara asli Justin Bieber.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube

https://archive.cob.web.id/archive/1690774812.120939/index.html

= = = = =

Narasi :
Keren Abis:astonished: Justin Bieber Bawakan Lagu Loneliness Ciptaan Putri Ariani saat Manggung di London

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube AJ Infotainment mengunggah video dengan narasi: “Keren Abis:astonished: Justin Bieber Bawakan Lagu Loneliness Ciptaan Putri Ariani saat Manggung di London” pada tanggal 3 Juli 2023.

Video pertama yang dicuplik adalah video yang identik dengan seri dokumenter perjalanan Justin Bieber yang diunggah di akun Youtube Justin Bieber pada tanggal 28 Januari 2023.

Video kedua yang dicuplik adalah video yang identik dnegan video konser Justin Bieber yang diunggah akun Youtube FireFax pada tanggal 8 September 2023 dengan judul: “Justin Bieber – Somebody (Live From Rock In Rio, Brazil)”.

Video ketiga yang dicuplik adalah  video Putri Ariani saat mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell dalam acara audisi America’s Got Talent yang tayang di Youtube pada tanggal 7 Juni 2023.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa suara Justin Bieber yang menyanyikan lagu Loneliness karya Putri Ariani sebenarnya adalah hasil buatan aplikasi AI Voice Generator bukan suara asli Justin Bieber. Dilansir dari artikel Digital Journal yang terbit pada tanggal 5 Mei 2023, AI Voice Generator adalah salah satu jenis teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan suara yang mirip dengan suara aslinya.

Selain menggunakan teknologi AI Voice Generator, video tersebut juga mencuplik beberapa video yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan.

= = = = =

Referensi :
https://www.digitaljournal.com/pr/news/a2z-market-research/ai-voice-generator-market-is-anticipated-to-expand-at-a-cagr-of-14-by-2030-microsoft-azure-clipchamp-iflytek-co-ltd
https://www.liputan6.com/tekno/read/5281319/viral-di-tiktok-ini-5-aplikasi-ai-voice-generator-yang-bisa-cover-lagu-mirip-suara-artis-dan-tokoh-publik-seperti-presiden-jokowi
https://www.youtube.com/watch?v=uc-JxJFxxUA&list=PLsifFPg4DahIjrAvcYanjaYE2xyd8NDu8&index=4
https://www.youtube.com/watch?v=3_Y1w10JbI4&list=PLnaSqM_A7DHSHjK0acfxDSOZa1k1wd_Ok