[SALAH] Ribuan Kader Golkar Datangi Istana, Nyatakan Sikap Makzulkan Jokowi

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai pemakzulan Joko Widodo oleh ribuan kader Golkar. Narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki keterkaitan dengan klaim yang disebutkan dalam video.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690971710.370928/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “MENCEKAM !! RIBUAN KADER G0LK4R GERUDUK ISTANA || NYATAKAN SIKAP MAKZULKAN JKW”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube CATATAN ISTANA mengunggah video dengan klaim ribuan kader Partai Golkar datangi Istana dan nyatakan sikap makzulkan Presiden Joko Widodo.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid mengenai klaim yang tertulis pada video tersebut. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel yang diunggah Indopos.co.id dengan judul “Golkar Mau Selamat, Luhut Harus Dipecat” dan artikel Tribun dengan judul “Terjawab Sudah Golkar Dukung Siapa di Pilpres 2024? Lodewijk Ungkap Peluang Dukung Anies Baswedan.”

Pada artikel Indopos.co.id berisi tentang pandangan Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, yang menyatakan Golkar disarankan untuk memecat Ketua Dewan Penasihat Luhut Binsar Pandjaitan dari internal kepartaian, jika partai tersebut mau selamat hingga 2024. Jerry mengatakan bahwa langkah Luhut dinilai bisa mengancurkan internal partai.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara di salah satu media nasional, Luhut mengaku akan meraih 86 kursi di parlemen jika didapuk sebagai ketua umum. Hal ini disebut sebagai langkah Luhut untuk menggulingkan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Sedangkan pada artikel yang diunggah Tribun, menjelaskan tentang Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus yang ditanya mengenai peluang Golkar untuk mendukung Anies Baswedan.

Lodewijk enggan membocorkan arah pilihan Golkar terkait koalisi dan sikap untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Lodewijk bersikeras bahwa Golkar masih berada di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sedangkan Anies Baswedan merupakan bakal calon presiden dari koalisi yang berbeda dengan Golkar.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.indopos.co.id/headline/2023/07/26/golkar-mau-selamat-luhut-harus-dipecat/
– https://kaltim.tribunnews.com/2023/07/25/terjawab-sudah-golkar-dukung-siapa-di-pilpres-2024-lodewijk-ungkap-peluang-dukung-anies-baswedan