[SALAH] Relawan Anies Baswedan Jajah Markas PDIP

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi yang menjelaskan mengenai relawan Anies Baswedan yang menjajah markas PDIP. Cuplikan dan narasi dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim yang dituliskan dalam video.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690979193.504727/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “JADI BAHAN AMUKAN:bangbang:RELAWAN ANIES JAJAH MARKAS PDIP HINGGA LAKUKAN HAL MENGEJUTKAN INI”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim relawan Anies Baswedan menjajah markas PDIP. Dalam gambar pratinjau video tersebut tertulis bahwa Anies sigap datangi Ganjar Pranowo untuk melakukan hal mengejutkan.

Setelah menonton video tersebut, tidak ditemukan informasi mengenai peristiwa penjajahan markas PDIP yang dilakukan oleh relawan Anies. Video berisi cuplikan kegiatan Ganjar pada saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Solo Jawa Tengah pada Kamis, 20 Juli 2023.

Narasi yang dibacakan pada video juga identik dengan artikel yang diunggah oleh Katadata dengan judul “Ganjar, Anies, Prabowo Kembali Satu Forum, Sebut Siap Bersaing Sehat”.

Pada artikel yang diunggah pada 29 Juli 2023 tersebut menjelaskan bahwa tiga bakal calon presiden yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024 hadir dalam acara Belajaraya 2023 di Posbloc, Jakarta Pusat.

Ketiganya ialah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Diskusi tersebut membahas berbagai topik mengenai pendidikan. Ketiganya mengisi topik diskusi dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

Ganjar pun menyampaikan komitmen siap bersiang secara sehat dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

=====

[REFERENSI]:

– https://katadata.co.id/syahrizalsidik/berita/64c52a7d351ac/ganjar-anies-prabowo-kembali-satu-forum-sebut-siap-bersaing-sehat
– https://www.youtube.com/watch?v=2W3m9gt5UDk&ab_channel=KOMPASTVJAWATIMUR