[SALAH] Rakyat Tuntut Presiden Jokowi untuk Mundur dari Jabatannya

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa rakyat Indonesia mengggelar aksi untuk menurunkan Presiden Joko Widodo merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel opini dari Suara Nasional berjudul “Setop Era Kedunguan dan Kepalsuan!”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1691545415.242161/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “AKSI TURUNKAN JOKOWI SIANG INI! RAKYAT TUNTUT JOKOWI MUNDUR & MINTA DPR & MPR GELAR SIDANG ADILI JKW”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Gajah Mada TV (https://www.youtube.com/@UpilGajahGaming) pada 25 Juli 2023 mengunggah video yang mengklaim bahwa rakyat Indonesia mengggelar aksi dalam rangka menuntut Presiden Joko Widodo untuk turun dari jabatannya. Selain itu, DPR dan MPR pun juga diminta mengadakan sidang untuk mengadili Presiden Jokowi.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel opini dari laman website Suara Nasional berjudul “Setop Era Kedunguan dan Kepalsuan!” yang telah diunggah pada 20 Juli 2023.

Pada artikel asli tersebut, penulis beropini bahwa era pemerintahan Jokowi merupakan era pemerintahan paling kelam karena negara dianggap telah berstatus darurat restorasi. Selain itu, lembaga negara di era ini juga dianggap tidak memiliki kredibilitas karena telah ikut berkonspirasi dengan presiden dalam kedunguan dan kepalsuan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Gajah Mada TV merupakan informasi yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/27162/disinformasi-demo-turunkan-jokowi-di-sejumlah-kota-tak-diliput-banyak-media/0/laporan_isu_hoaks