[SALAH] Ketahuan Ingin Jegal Anies Baswedan, KPU Tolak Pendaftaran Ganjar Pranowo Jadi Capres

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai KPU yang menolak pencalonan Ganjar sebagai presiden. Narasi dalam video pendapat Anies Baswedan bahwa negara pemerintah harus netral tidak turut memengaruhi rakyat dalam mengambil keputusan pada Pemilu 2024.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1691670946.053334/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “GANJAR NGAMUK!! KETAHUAN INGIN JEGAL ANIES, KPU TOLAK MENTAH2 PENDAFTARAN GANJAR JADI CAPRES!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim KPU menolak pendaftaran Ganjar Pranowo sebagai calon presiden akibat ketahuan ingin menjegal Anies Baswedan. Pada klaim video disebutkan juga Ganjar ngamuk ketika mengetahui hal ini.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai keputusan KPU yang menolak pendaftaran Ganjar sebagai capres. Narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh TV One News dengan judul “Sindiran Menohok Anies Baswedan Minta Negara Tak Pengaruhi Pilpres 2024: Jangan Melecehkan Rakyat.”

Pada artikel yang diunggah pada 8 Mei 2023 tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta negara agar tidak melecehkan rakyat dalam kontestasi Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Anies ketika melihat Presiden Jokowi kerap mengendorse pejabat publik jelang perayaan pesta demokrasi di Indonesia. Menurutnya, pemerintah harus netral tidak turut memengaruhi rakyat dalam mengambil keputusan pada Pemilu 2024.

Klaim penolakan KPU terhadap pendaftaran Ganjar sebagai capres sebelumnya pernah beredar. Namun hingga saat ini tidak ada pemberitaan resmi dari media yang kredibel yang menjelaskan mengenai klaim ini.

Dilansir dari laman resmi KPU, pencalonan presiden dan wakil presiden baru akan dilaksanakan pada 19 Oktober 2023 – 25 November 2023. Sehingga klaim pada video yang beredar tersebut dapat disimpulkan sebagai konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.tvonenews.com/berita/nasional/120453-sindiran-menohok-anies-baswedan-minta-negara-tak-pengaruhi-pilpres-2024-jangan-melecehkan-rakyat?page=all
– https://turnbackhoax.id/2023/06/14/salah-kpu-nyatakan-ganjar-tidak-lolos-pendaftaran-pilpres/
– https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Peserta_pemilu