[SALAH]ANIES BASWEDAN JADI PRESIDEN AKAN BONGKAR KORUPSI ERA JOKOWI & BATALKAN IBUKOTA BARU

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Faktanya tidak ada pernyataan Anies Baswedan yang mengatakan bahwa jika kelak terpilih menjadi Presiden, akan membongkar korupsi era Jokowi dan juga membatalkan pembangunan ibu kota baru NKRI.

[KATEGORI]

Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]

YouTube
https://archive.cob.web.id/archive/1690138819.4223/singlefile.html

[NARASI]

“JOKOWI PANIK! ANIES BASWEDAN JD PRESIDEN AKAN BONGKAR KORUPSI ERA JOKOWI & BATALKAN IBUKOTA BARU?”

[PENJELASAN]

Sebuah video Youtube mengklaim bahwa Anies Baswedan menyatakan jika menjadi Presiden ia akan membongkar korupsi era Jokowi dan juga membatalkan pembangunan ibu kota baru. Video itu menampilkan Anies Baswedan sedang berpidato. Faktanya pernyataan Anies pada video pidato tersebut tidak ada yang menyinggung tentang korupsi dan pembangunan IKN.

Video yang berdurasi 8 menit tersebut menampilkan cuplikan pidato Anied Baswedan saat debat calon presiden partai demokrat di Makassar tahun 2014. Saat itu Anies menyampaikan pendapatnya tentang hukum di Indonesia. Tidak ditemukan pernah seperti klaim di atas.

Dilansir dari kompas.com, Anies Baswedan berjanji akan melanjutkan program era kepimpinan Presiden Joko Widodo apabila menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.”IKN ini bukan di level gagasan saja. IKN ini sudah menjadi undang-undang dan kita semua ketika dilantik untuk tugas apa pun, itu sumpahnya melaksanakan undang-undang,” kata Anies.

Dengan demikian, unggahan dengan klaim tersebut adalah tidak benar. Video tersebut termasuk dalam konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-anies-disebut-tidak-akan-lanjutkan-program-jokowi-jika-jadi-presiden.html

https://nasional.kompas.com/read/2023/03/06/07341641/janji-anies-lanjutkan-program-jokowi-diragukan-pdi-p-didukung-surya-paloh

https://youtu.be/ODxLNPUQ3mM