[SALAH] Foto Anies Meraba Perut Wanita Cantik Yang Sedang Hamil

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto tersebut dimanipulasi dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar. Foto asli didapat dari iStock karya Akacin Phonsawat. Foto tersebut telah dipakai oleh beberapa brand untuk keperluan komersial. 

[KATEGORI] 
Konten yang Dimanipulasi 

[SUMBER] 
Facebook 
https://archive.cob.web.id/archive/1690570054.34524/singlefile.html

[NARASI]
“Kadrun otaknya sungsang, orang nonton film tersebut cabul, orang suka peluk istri orang disebut imam Mahdi
DASAR WAN NGIBUL OTAK MESUM”

[PENJELASAN] 
Beredar sebuah unggahan Facebook yang menampilkan foto Anies Baswedan sedang memeluk wanita yang sedang hamil. Unggahan yang diunggah oleh akun Paijo Londo itu memberikan narasi pada foto yang menyesatkan. Narasi dalam poster tersebut mengatakan bahwa Anies meraba perut seorang wanita cantik kader Nasdem yang sedang hamil. 

Faktanya poster tersebut adalah hasil manipulasi. Berdasarkan pencarian Google Lens, muncul foto identik yang diunggah pada platform penyedia foto berbayar iStock. Foto itu diunggah pada 10 Oktober 2022 oleh Akacin Phonsawat. Wajah asli model pada pria diganti dengan wajah Anies Baswedan, seolah-olah yang ada dalam poster memang Anies Baswedan .

Dengan demikian, unggahan Facebook dengan klaim Anies memeluk wanita yang sedang hamil adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. 

[REFERENSI] 
https://www.haibunda.com/parenting/20221030003516-62-288222/7-kesalahan-mendidik-anak-laki-laki-yang-jarang-disadari/2

https://parentalk.id/perawatan-ibu-hamil-yang-perlu-dilakukan-setiap-hari/

https://www.istockphoto.com/id/foto/seorang-suami-tampan-sedang-memeluk-istrinya-yang-cantik-dan-sedang-hamil-di-sebelah-gm1431024552-473736398