[SALAH] SK Mentri Prabowo Resmi Di Copot

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Klaim terkait pencabutan Surat Keputusan (SK) Menteri Prabowo Subianto adalah salah. Sejak Maret 2023 lalu, klaim terkait Jokowi memecat Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan sempat beredar dan sudah dipastikan jika klaim tersebut adalah hoaks. 

[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

[SUMBER]
YouTube 
https://archive.cob.web.id/archive/1690138506.8112/singlefile.html

[NARASI]
” SANGAT MENGEJUTKAN!! Keputusan Jokowi Bulat, SK Mentri Prabowo Resmi Di Copot”

[PENJELASAN]
Sebuah akun Youtube Kabar Politik mengunggah video dengan klaim bahwa Surat Keputusan (SK) Menteri Prabowo Subianto dicabut oleh Jokowi. Unggahan yang telah dilihat 84 kali itu, menunjukan thumbnail yang diklaim proses pencopotan Prabowo Subianto. Faktanya, thumbnail tersebut adalah hasil manipulasi software pengolah gambar. 

Berdasarkan pencarian Google Image Search, foto pada thumbnail tersebut merupakan momen pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto aslinya dapat dilihat pada artikel detik.com dengan judul ” Sah! Jokowi Resmi Lantik Menteri Kabinet Indonesia Maju.”

Selain thumbnail video yang dimanipulasi, video yang diunggah tidak ada penjelasan mengenai pemberhentian Prabowo Subianto sebagai Menhan. Cuplikan video saat Prabowo berpidato merupakan acara kampanye dirinya saat menjadi capres pada tahun 2019 lalu. Video yang menunjukkan kemarahan Prabowo tersebut terkait kekayaan Indonesia. Selain cuplikan video saat Prabowo berpidato, ditampilkan pula cuplikan video saat Jokowi terlihat marah. Kemarahan Jokowi pada cuplikan tersebut terkait tindakan terorisme yang terjadi di Surabaya pada tahun 2018 lalu. 

Dilansir dari laman presidenri.go.id, nama Prabowo Subiantio masih terpampang sebagai Menteri bidang pertahanan. Dengan demikian, klaim terkait SK Prabowo Subianto dicopot oleh Jokowi adalah tidak benar. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. 

[REFERENSI]

https://news.detik.com/berita/d-4756609/sah-jokowi-resmi-lantik-menteri-kabinet-indonesia-maju

https://www.kominfo.go.id/content/detail/48130/hoaks-video-presiden-jokowi-pecat-menhan-prabowo-secara-tidak-hormat/0/laporan_isu_hoaks

https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=zpx_V324pbo

https://www.youtube.com/watch?v=oDCNenucus8