[SALAH] Amien Rais Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim Amien Rais dijatuhi hukuman seumur hidup konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan nafrasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Amien Rais telah dijatuhi hukuman seumur hidup.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690260526.846639/singlefile.html

====
[NARASI]: “AKIK TUA AMIN RAIS LANGSUNG PANIK KETAKUTAN SETELAH DI JATUHI HUKUMAN INI”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim bahwa Amien Rais telah dijatuhi hukuman seumur hidup. Dan ditegaskan lagi melalui thumbnail yang menggambarkan Amien Rais nampak diringkus aparat kepolisian.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari populis.id dengan judul “Sosok Ini Pasang Badan! Amien Rais Dijamin Bakal Mingkem Usai Ngomong Kibarkan Jihad Melawan Jokowi” dan diupload pada 14 Juni 2023. Dalam artikel tersebut membahas mengenai tanggapan Mohamad Guntur Romli selaku Ketua Umum Ganjarian Spartan Ganjar Pranowo terkait ajakan jihad dari Amien Rais. Jadi sama sekali tidak membahas vonis atau hukuman apapun terhadap Amien Rais. Dapat disimpulkan konten dengan klaim Amien Rais divonis hukuman seumur hidup adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://populis.id/read58984/sosok-ini-pasang-badan-amien-rais-dijamin-bakal-mingkem-usai-ngomong-kibarkan-jihad-melawan-jokowi?page=1
[2] https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/24/100100982/-hoaks-jokowi-jebloskan-amien-rais-ke-penjara?page=all