[SALAH] Unggahan Peringatan Pemblokiran Akun Facebook

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Hoaks lama beredar kembali. Unggahan tersebut palsu, dengan modus memberikan peringatan pemblokiran akun Facebook. Tindakan tersebut adalah phishing atau upaya untuk mendapatkan data pribadi korban.

=============
[KATEGORI]

Konten Palsu

========
[SUMBER]

Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1690109230.629102/singlefile.html

=============
[NARASI]

“PERINGATAN PEMBLOKIRAN

Seseorang Telah Melaporkan Akun Facebook Anda Karena Facebook Anda Telah Melanggar Standar Komunitas Facebook. Dengan Adanya Laporan Tersebut Akun Facebook Anda Akan Segera Di Blokir/ Dinonaktifkan.

Jika Anda Merasa Tuduhan/Laporan Tersebut Tidak Benar, Silakan Konfirmasi Data Facebook Anda Untuk Melakukan Pemulihan Akun Facebook Anda, Dan Untuk Mencegah Penonaktifan.

Klik Tautan Di Bawah Ini Dan Masukan Data Facebook

Anda Dengan Benar.

Ikuti Tautan : https: pulihkan-akun-anda49[dot]webnode[dot]page/

Apabila Tidak Membatalkan Pemblokiran, Facebook Anda Akan Di Non Aktifkan Tanpa Pemberitahuan Lagi. Terima Kasih.

Security Facebook”

===============
[PENJELASAN]

Sebuah akun di Facebook membagikan unggahan yang berisi peringatan pemblokiran akun dengan dalih melanggar aturan komunitas Facebook. Unggahan itu, memberikan peringatan untuk segera memasukan data ke sebuah tautan agar pemblokiran dapat dibatalkan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan pernyataan bahwa informasi Peringatan Pemblokiran akun tersebut adalah hoaks atau informasi tidak benar.
“Hasilnya, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Diketahui tautan yang disematkan bukan merupakan domain resmi Facebook,” demikian penjelasan Kominfo seperti diliat laman kominfo. go.id.

Dengan demikian, unggahan tentang peringatan pemblokiran akun Facebook tersebut adalah palsu. Unggahan itu termasuk dalam kategori konten palsu.

=============
[REFERENSI]

https://turnbackhoax.id/2021/02/19/salah-peringatan-pemblokiran-oleh-tim-pemblokiran-facebook/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/32889/hoaks-peringatan-pemblokiran-oleh-tim-pemblokiran-facebook/0/laporan_isu_hoaks

https://www.kompas.tv/article/150128/kominfo-pastikan-peringatan-pemblokiran-yang-beredar-di-facebook-penipuan