[SALAH] Jeruk Dicampur Cengkih Efektif Mencegah Nyamuk DBD

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya pakar kesehatan dan ahli entomologi menyebut bahwa pengobatan rumahan tersebut tidak bisa diklaim untuk mencegah demam berdarah, terdapat faktor yang lebih penting diperhatikan selain menggunakan cara tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.is/9rvkF

= = =

Narasi:

“DBD lagi dimana-mana, lakukan sesuatu yang kecil. Ambil sekitar 4 buah jeruk nipis.

Jalankan untuk dua.

Taruh beberapa cengkeh segar di dalamnya (seperti pada gambar) dan letakkan di ambang jendela dan pintu tempat masuknya nyamuk.

Aroma cengkih bercampur jeruk sulit ditahan oleh nyamuk demam berdarah. Lakukan ini hari ini.

Oleskan jeruk nipis segar setiap dua hari. Potong cengkeh baru”

= = =

Penjelasan:

Beredar di Facebook yang membagikan tips untuk mencegah demam berdarah dengan menyatukan cengkih yang ditusukkan ke isi jeruk limau. Aroma yang dihasilkan dari cengkih bercampur jeruk tersebut akan mencegah datangnya nyamuk demam berdarah.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, faktanya terdapat faktor lain yang paling diutamakan untuk menyecah datangnya nyamuk demam berdarah. Menurut ahli Dr Lahiru Kodituwakku dari Unit Pengendalian Demam Berdarah Nasional (NDCU) Kementerian Kesehatan Sri Lanka menyebutkan bahwa klaim tersebut tidak ada bukti ilmiah, yang terpenting dalam mencegah nyamuk DBD dengan membersihkan lingkungan dan memastikan bebas dari sarang nyamuk.

Daniel Markwoski, seorang technical adviser di Asosiasi Pengendali Nyamuk Amerika, menambahkan bahwa konsentrat minyak cengkeh memang bisa mengusir nyamuk, namun tidak menaruhkan cengkeh secara langsung di atas jeruk.

Dengan demikian, Jeruk Dicampur Cengkih Efektif Mencegah Nyamuk DBD adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33JQ83X

===