[SALAH] GEMPAR! JKW TERBUKTI GUNAKAN IJAZAH PALSU JD PRESIDEN? DPR & MPR PUTUSKAN PRABOWO RESMI JD PRESIDEN?

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Keaslian ijazah Presiden Jokowi telah diakui Universitas Gajah Mada. Tidak ditemukan informasi mengenai Rapat DPR dan MPR yang memutuskan Prabowo resmi jadi presiden dikarenakan Jokowi terbukti menggunakan ijazah palsu.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1690111135.570188/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“GEMPAR! JKW TERBUKTI GUNAKAN IJAZAH PALSU JD PRESIDEN? DPR & MPR PUTUSKAN PRABOWO RESMI JD PRESIDEN?”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Gajah Mada TV mengunggah video pada tanggal 17 Juli 2023 dengan judul: “GEMPAR! JKW TERBUKTI GUNAKAN IJAZAH PALSU JD PRESIDEN? DPR & MPR PUTUSKAN PRABOWO RESMI JD PRESIDEN?”.

Video yang diunggah mencantumkan video pernyataan dari beberapa orang yang menyangsikan keaslian ijazah Presiden Jokowi.

Isu mengenai ijazah palsu Jokowi sudah lama beredar dan diklarifikasi tim pemeriksa fakta Mafindo pada artikel yang terbit pada tanggal 26 September 2020 dengan judul: “[SALAH] Ijazah Jokowi Palsu”. Dilansir dari artikel tersebut, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta telah menegaskan keaslian ijazah dari Presiden Joko Widodo.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Rapat DPR dan MPR yang memutuskan Prabowo resmi jadi presiden dikarenakan Jokowi terbukti menggunakan ijazah palsu.

= = = = =

Referensi :
https://turnbackhoax.id/2020/09/26/salah-ijazah-jokowi-palsu/