[SALAH] GELAR FESTIVAL MUHARRAM UST SOMAD AJAK 50RB WARGA SERENTAK DUKVNG AN1ES

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto pada thumbnail YouTube itu bukan Gelar Festival Muharram. Faktanya, foto tersebut merupakan acara perayaan HUT Mangupura tahun 2018 di Lapangan Puspem Badung.

============
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

============
[SUMBER]

Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1689954942.056561/singlefile.html

===========
[NARASI]

“MERINDING….!! DIPIMPIN UST SOMAD 50RB JEMAAH SERENTAK NYATAKAN DUKVNG AN1ES 2K24 || BERITA TERBARU”

=============
[PENJELASAN]

Sebuah akun YouTube mengunggah video dengan klaim Ustad Somad mengajak ribuan orang untuk mendukung Anies. Berdasarkan klaim, Ustad Somad menyuarakan dukungannya itu saat acara bertajuk “Gelar Festival Muharram.” Video yang berdurasi 8 menit tersebut, menampilkan momen ketika Ustad Somad berpidato didepan jamaahnya. Foto thumbnail YouTube memperlihatkan ribuan orang hadir dalam satu acara.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata klaim diatas tidak benar. Tidak ditemukan pernyataan dalam video bahwa Ustad Somad mengajak 50 ribu warga untuk mendukung Anies Baswedan. Video YouTube tersebut justru menarasikan artikel kbanews.com dengan judul “Hendri Satrio: Di Lubuk Hati Terdalam, Masyarakat Indonesia Ingin Perubahan,” dan artikel berjudul “Momentum Hijrah 1 Muharram, Ketum KoReAn: Songsong Perubahan Bersama Anies Baswedan.”

Selain judul video yang tidak sesuai dengan narasi, thumbnail foto yang ditampilkan juga tidak sesuai dengan klaim. Faktanya foto tersebut merupakan perayaan HUT Mangupura tahun 2018 di Lapangan Puspem Badung. Foto tersebut identik dengan unggahan laman artikel pikiran-rakyat.com pada tahun 2022 lalu.

Kesimpulannya, video YouTube dengan klaim Ustad Somad mengajak 50 ribu warga untuk dukung Anies adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam konten yang menyesatkan.

============
[REFERENSI]

https://potensibadung.pikiran-rakyat.com/seputar-dewata/pr-1625817402/pemkab-badung-gelar-konser-musik-jelang-g20-bagaimana-dengan-izinnya

https://kbanews.com/hot-news/momentum-hijrah-1-muharram-ketum-korean-songsong-perubahan-bersama-anies-baswedan/#:~:text=JAKARTA%20%7C%20KBA%20%E2%80%93%20Ketua%20Umum%20Konfederasi,ke%20arah%20yang%20lebih%20baik

https://kbanews.com/hot-news/hendri-satrio-di-lubuk-hati-terdalam-masyarakat-indonesia-ingin-perubahan/