[SALAH] 300 Kabupaten serentak dukung Anies

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Klaim tidak benar. Video yang ditampilkan merupakan acara deklarasi dan pengukuhan Anies Baswedan oleh relawan Anies di Gelora Bung Karno (GBK) pada Mei 2023. Tidak ada video yang menjelaskan jika 300 kabupaten mendukung Anies.

===========
[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

===========
[SUMBER]
YouTube
https://archive.cob.web.id/archive/1689955370.058408/singlefile.html

============
[NARASI]

“GEMPARKAN NUSANTARA !! SERENTAK 300 KABUPAT3N DEKLARASI AKBAR DUKUNG AN1ES 2024 || BERITA TERBARU”

============
[PENJELASAN]

Sebuah akun YouTube mengunggah video yang mengklaim 300 kabupaten di Indonesia mendukung Anies Baswedan untuk menjadi presiden 2024. Video itu menampilkan momen deklarasi yang dihadiri ribuan orang. Faktanya, video dan foto yang disajikan tidak sesuai dengan klaim.

Berdasarkan penelusuran Google Image Search, foto thumbnail YouTube merupakan acara kampanye Jokowi. Joko Widodo menyampaikan orasi politik saat kampanye terbuka di GOR Satria, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019). Foto aslinya dapat dilihat pada laman antara.news dengan judul “Kampanye Jokowi di Banyumas.”

Video yang telah dilihat lebih dari 80 ribu kali itu, menampilkan video yang tidak sesuai dengan klaim. Faktanya, video deklarasi tersebut diikuti oleh Relawan Amanat Indonesia (Anies). Acara tersebut merupakan deklarasi dan pengukuhan Relawan Amanat Indonesia (Anies) di Stadion Tennis Indoor, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/5/2023). Tidak ditemukan pernyataan dalam video bahwa acara tersebut dihadiri oleh perwakilan tiap kabupaten.

===========
[REFERENSI]

https://pemilu.antaranews.com/foto/820118/kampanye-jokowi-di-banyumas

https://m.youtube.com/watch?v=enZ_4Si0SRI

https://m.tribunnews.com/images/editorial/view/1965059/anies-baswe