[SALAH] Poster yang Mengklaim ICW Puji Ganjar Berantas Pungli Tiap Sekolah di Jawa Tengah

Bukan poster buatan Indonesian Corruption Watch (ICW) dan bukan pernyataan ICW. Melalui media sosial resminya ICW menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/SYwIc)

======

[NARASI]:

“Tegas berantas pungli di tiap sekolah di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat pujian dari Indonesia Corruption Watch (ICW).

Lewat komitmen galakkan aksi berantas pungli, koordinator ICW nilai Ganjar sebagai pemimpin yang tegas dan layak jadi percontohan kepala daerah lain.”

======

[PENJELASAN]:

Beredar di Facebook sebuah informasi berupa poster yang mengklaim bahwa organisasi Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi dan memuji Ganjar Pranowo karena memberantas pungli dan korupsi di setiap sekolah di Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil penelusuran, melalui kanal media sosial resmi Twitternya, ICW menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan statemen berupa poster yang berisi apresiasi dan pujian untuk Ganjar terkait klaim yang beredar.

“Nama ICW telah dicatut sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Kami dinarasikan dan diberitakan seolah-olah mengapresiasi Ganjar Pranowo soal berantas korupsi di lingkungan sekolah. Kami pastikan informasi tersebut tidak benar, alias hoaks!”, tulis ICW di akun Twitternya @antikorupsi

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5345654/cek-fakta-klarifikasi-icw-rilis-poster-apresiasi-ganjar-pranowo-berantas-korupsi