[SALAH] Akibat Fitnah Anies, Ganjar Terima Azab Selama di Mekkah

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai azab yang diterima Ganjar selama menunaikan ibadah haji di Mekkah. Narasi dalam video menjelaskan tentang kecaman Musni Umar terhadap orang-orang yang menyebut Anies Baswedan sebagai pembohong terkait undangan dari Raja Salman untuk menunaikan ibadah haji.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689066354.858573/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]:
“Mengenaskan !! Akibat fitnah Anies Allah telah turunkan azab terhadap Ganjar selama di Mekkah”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube LINTAS OPINI mengunggah video dengan klaim Ganjar Pranowo menerima azab selama di Mekkah setelah memfitnah Anies Baswedan.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan tentang klaim yang disebutkan pada video. Narasi yang dibacakan merupakan artikel milik Warta Ekonomi yang berjudul “Anies Disebut ‘Tukang Ngibul Naik Haji’, Musni Umar Naik Pitam: Itu adalah Fitnah yang Sangat Kejam!”

Dalam artikel tersebut membahas tentang kecaman Musni Umar terhadap orang-orang yang menyebut Anies Baswedan sebagai pembohong terkait undangan dari Raja Salman untuk menunaikan ibadah haji. Mantan Rektor Universitas Ibnu Chaldun itu mengatakan bahwa fitnah yang dilontarkan kepada Anies adalah sesuatu yang sangat kejam.

Ia menyampaikan bahwa setiap tahunnya, Kerajaan Arab Saudi memang mengundang banyak tokoh untuk menjalankan ibadah haji. Tokoh yang diundang biasanya berprofesi sebagai pejabat negara atau pegiat agama Islam.

Sebelumnya Ganjar diberitakan menunaikan ibadah haji pada 25 Juni 2023. Sedangkan Anies Baswean berangkat untuk menunaikan ibadah haji pada 22 Juni 2023.

Dikuti dari CNN Indonesia, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tampak menghadiri acara Kerajaan Arab Saudi di sela-sela pelaksanaan ibadah haji.

Sebagai informasi, acara yang dihadiri Anies dan Ganjar di Arab ini merupakan jamuan bagi para pejabat negara, kepala lembaga dan delegasi pemerintah, tokoh agama, serta pejabat lainnya yang sedang menunaikan ibadah haji.

Acara ini juga mengundang sejumlah tokoh dari berbagai negara, di antaranya raja Malaysia, presiden Senegal, presiden Bangladesh, presiden Pakistan, wakil presiden Maladewa, perdana menteri Mesir, perdana menteri Lebanon, perdana menteri Palestina, perdana menteri Somalia dan perdana menteri Nigeria, dan ketua parlemen di sejumlah negara Islam.

=====

[REFERENSI]:

– https://wartaekonomi.co.id/read505727/anies-disebut-tukang-ngibul-naik-haji-musni-umar-naik-pitam-itu-adalah-fitnah-yang-sangat-kejam
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230702100259-32-968470/anies-dan-ganjar-diundang-kerajaan-saudi-ketika-tunaikan-ibadah-haji