[SALAH] Najwa Shihab Terkejut Mengetahui Sosok Kakek Putri Ariani

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa jurnalis Najwa Shihab terkejut mengetahui sosok kakek dari Putri Ariani adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1689227764.416228/www.youtube.com/watch%40v%3DXmy8zUv9S7I.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Najwa Shihab Terkejut Saat Mengetahui Kakek Putri Ariani Ternyata Mantan Orang Nomer 1 Di Indonesia”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Anugrah Selebriti (https://www.youtube.com/@anugrahselebriti) pada 1 Juli 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa jurnalis Najwa Shihab terkejut hingga meneteskan keringat dingin ketika mengetahui sosok kakek dari penyanyi muda Putri Ariani yang diklaim sebagai mantan orang nomor 1 di Indonesia. Nama Putri Ariani sendiri kini diketahui tengah menjadi perbincangan hangat setelah ia berhasil mendapatkan golden buzzer pada audisi America’s Got Talent di musim ke-18.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Nyatanya, isi dan narasi dalam video tersebut hanya menjelaskan mengenai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mengundang Putri Ariani ke Keraton Yogyakarta. Diketahui bahwa selain memberikan wejangan, Sultan juga memberikan uang Rp50 juta kepada Putri sebagai bentuk penghargaan atas kerja kerasnya.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan adanya informasi dan bukti valid atas pertemuan Putri Ariani dengan Najwa Shihab. Sehingga berita mengenai Najwa Shihab yang terkejut ketika mengetahui sosok kakek dari Putri Ariani merupakan informasi yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:

https://www.metrotvnews.com/play/kBVC2WY8-putri-aryani-diundang-sri-sultan-hb-x-ke-keraton-yogyakarta
https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/06/09/122205378/cerita-kakek-putri-ariani-sempat-kesulitan-merawat-putri-karena-keinginan?page=all
https://metro.suara.com/read/2023/06/21/155958/cek-fakta-bukan-orang-sembarangan-putri-ariani-ternyata-cucu-mantan-presiden-bj-habibie