[SALAH] Ganjar Pranowo Beri Hadiah Fantastis ke Putri Ariani

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Ganjar Pranowo mengundang sekaligus memberi hadiah fantastis kepada penyanyi muda Putri Ariani adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1689228274.535747/www.youtube.com/watch%40v%3DNj17vwzctQk.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Ganjar Pranowo Undang Putri Ariani Kerumahnya Dan Berikan Hadiah Fantastis Ini Pada Putri Ariani”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Anugrah Selebriti (https://www.youtube.com/@anugrahselebriti) pada 7 Juli 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Ganjar Pranowo mengundang sekaligus memberikan hadiah fantastis kepada Putri Ariani. Sebelumnya, nama Putri Ariani tengah menjadi perbincangan karena penyanyi sekaligus penulis lagu pop penyandang tunanetra ini berhasil mendapatkan golden buzzer pada audisi America’s Got Talent di musim ke-18.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi dan narasi video tersebut menjelaskan mengenai apresiasi yang disampaikan oleh bakal calon presiden yang diusung PDI-P dan PPP, Ganjar Pranowo, saat deklarasi Relawan Ganjar Punya Rakyat (Gapura) Nusantara di Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Sabtu, 10 Juni 2023. Dalam momen tersebut, Ganjar mengaku merinding sekaligus bangga mendengar nyanyian Putri Ariani di audisi America’s Got Talent 2023.

Lebih lanjut, sepanjang video pun tidak ditemukan adanya informasi yang menjelaskan mengenai undangan dan hadiah fantastis yang diberikan Ganjar kepada Putri Ariani seperti yang tertulis pada judul video.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Anugrah Selebriti merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/global/read/5319130/usai-dapat-golden-buzzer-agt-putri-ariani-berharap-bisa-diproduseri-simon-cowell
https://nasional.kompas.com/read/2023/06/10/23155511/ganjar-merinding-tahu-putri-ariani-dapat-golden-buzzer-di-americas-got