[SALAH] Pecalang dan Tokoh Besar Bali Kawal Anies Menang 50 Persen

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai dukungan yang diberikan pecalang dan tokoh besar Bali untuk kemenangan Anies Baswedan. Narasi dalam artikel menjelaskan Relawan Anies Baswedan berambisi merebut 40 persen suara di Bali pada Pilpres 2024.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1688720851.679771/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “REZI KETAR-KETIR:bangbang:TOKOH BESAR BALI KAWAN ANIES LAKUKAN INI”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim pecalang dan tokoh besar Bali mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Pada judul video, dituliskan tokoh besar Bali akan kawal Anies agar menang dengan perolehan 50 persen suara di Bali.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan tokoh besar Bali yang akan mengawal kemenangan Anies Baswedan. Narasi yang dibacakan merupakan artikel yang diunggah oleh Detik dengan judul “Relawan Anies Berambisi Rebut 40 Persen Suara di Bali.”

Dalam artikel tersebut menjelaskan Forum Komunikasi Relawan Anies Baswedan berambisi merebut 40 persen suara di Bali pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mereka percaya diri target tersebut tercapai setelah menggelar musyawarah daerah di Kantor DPW Nasional Demokrat (NasDem) Bali pada 13 Mei lalu.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.detik.com/bali/berita/d-6719588/relawan-anies-berambisi-rebut-40-persen-suara-di-bali