[SALAH] Foto “Presiden Jokowi bersalaman dengan Cak Nun”

Foto editan yang merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Jokowi menjenguk BJ Habibie yang tengah terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto pada 28 Oktober 2014.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Twitter DENN64rS0 (twitter.com/0d6JK0B3) pada 10 Juli 2023 mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Muhammad Ainun Nadjib atau biasa dikenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang terbaring di rumah sakit dengan narasi:

“Allah SWT yg menciptakan manusia saja bisa memaafkan kesalahan kita, dengan memaafkan tidak membuat harga diri kita hancur Sehat selalu Pak Jokowi, semoga Cak Nun segera sembuh .. aamin”

Sumber: archive.ph/hGq0r (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi bersalaman dengan Cak Nun yang terbaring di rumah sakit merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan yang merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Jokowi menjenguk BJ Habibie yang tengah terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto pada 28 Oktober 2014.

Foto yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Keakraban Jokowi dan BJ Habibie di Ruang Perawatan” yang terbit di situs liputan6.com pada 29 Oktober 2014. Foto tersebut diberi keterangan “Presiden Jokowi menjenguk BJ Habibie yang terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, (28/10/2014). (Rumgapres/Agus Suparto).”

Sebagai informasi, Presiden Jokowi menjenguk Cak Nun di RSUP Dr Sardjito. Minggu (9/7/2023). Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan membenarkan kedatangan Jokowi dalam rangka menjenguk Cak Nun. Menurut Banu, saat menjenguk Cak Nun, Jokowi ditemui istri Cak Nun, yakni Novia, dan putra Cak Nun. Banu menyebut Jokowi berada di lokasi selama 15 menit.

Diberitakan sebelumnya, Cak Nun dirawat di RSUP Dr Sardjito, Jogja, sejak Kamis (6/7/2023). Sementara itu, mantan Sekretaris Cak Nun, Noor Janis Langga Barana, mengatakan hingga hari ini Cak Nun masih menjalani proses pemulihan di RSUP Dr Sardjito. Kondisinya membaik dan bisa berkomunikasi dengan lancar.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/photo/read/2125992/keakraban-jokowi-dan-bj-habibie-di-ruang-perawatan
https://news.detik.com/berita/d-6813483/presiden-jokowi-jenguk-cak-nun-di-rsup-dr-sardjito-jogja

About Adi Syafitrah 1628 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo