[SALAH] Relawan Prabowo Jualan Sepatu Untuk Dana Kampanye

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Konten yang dimanipulasi. Tulisan asli pada toko sepatu tersebut adalah “Toko Sepatu dan Sendal Syadkan.” Unggahan itu menggunakan modus berjualan di TikTok Shop dengan membuat konten yang kontroversial agar viral.

===========
[KATEGORI]

Konten yang Dimanipulasi

==========
[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1687799547.871822/singlefile.html

===========
[NARASI]

“Relawan Prabowo jualan sepatu untuk dana kampanye”

==============
[PENJELASAN]

Sebuah akun TikTok @otv.id menggunggah video dengan klaim relawan Prabowo Subianto jualan sepatu untuk dana Kampanye.  Video itu memperlihatkan toko dari depan dengan plakat bertuliskan “Toko Sepatu dan Sandal Presiden 2024.” Dalam plakat itu disematkan pula foto Prabowo Subianto. Faktanya, foto plakat toko tersebut adalah hasil manipulasi software pengolah gambar.

Setelah ditelurusi menggunakan Google Lens, Foto plakat toko bergambar Prabowo Subianto tersebut identik dengan unggahan laman bkppkutim.com. foto asli itu bertuliskan “Toko Sepatu dan Sendal Syadkan,” Tidak ada kaitannya dengan Prabowo Subianto.

Unggahan TikTok itu, termasuk modus berjualan sepatu dan sendal di TikTok Shop dengan menciptakan konten dengan narasi yang kontroversial. Harapan pengunggah tidak lain agar viral dan terjual laris dagangannya.

Dengan demikian unggahan TikTok dengan klaim relawan Prabowo Subianto jualan sepatu untuk dana Kampanye adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

============
[REFERENSI]

https://bkppkutim.com/toko-sepatu-dan-sandal-syadkan-5315086515904552506/