[SALAH] Prabowo Resmi Dilantik Menjadi Menkominfo Gantikan Plate

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan Presiden Jokowi telah resmi melantik Prabowo sebagai Menkominfo adalah konten yang menyesatkan. Faktanya tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut.

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687493020.582154/singlefile.html

====
[NARASI]: “LANGSUNG DARI ISTANA!! JOKOWI SECARA RESMI LANTIK PRABOWO GANTIKAN PLATE DI KURSI MENKOMINFO”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Dua Sisi (https://youtube.com/@duasisi4407) pada tanggal 9 Juni 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim Prabowo resmi dilantik sebagai Menkominfo gantikan Johnny G Plate. Faktanya kursi Menkominfo sementara ini dipegang oleh Mahfud MD.

Dalam thumbnail yang ditampilkan nampak seorang lelaki yang sedang menandatangani sesuatu. Ditambah dengan narasi “ JOKOWI LANTIK PRABOWO! SAH,, KURSI MENKOMINFO TELAH KEMBALI TERISI”. Namun setelah dilihat lebih jauh, video berdurasi 8 menit tersebut sama sekali tidak menjelaskan mengenai pelantikan Prabowo menjadi Menkominfo.

Setelah dilakukan penelusuran, dalam sebuah video yang diunggah kanal Youtube Harian Kompas, terkait dengan kursi Menkominfo, Presiden Joko Widodo untuk sementara menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo. Dapat disimpulkan unggahan video dengan klaim di atas merupakan konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.youtube.com/watch?v=IOnhMgSEeBo