[SALAH] Habib Bahar Bin Smith Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim hari ini (19/6/23) Habib Bahar menghembuskan nafas terakhir adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya tidak ada berita valid terkait hal tersebut.

=========
[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi.

========

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687443997.706565/singlefile.html

=====
[NARASI]: ” KABAR DUKA HARI INI!! BAHAR TERKAPAR DI ATAS KASUR, KONDISINYA KRITIS””

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Topik News pada 19 Juni 2023 mengunggah video dengan dengan klaim Habib Bahar dalam kondisi kritis dan terkapar di atas kasur. Dalam thumbnail nya pun diperjelas dengan narasi “INNALILLAHI WAINNALILAH, HEMBUSAN NAFAS TERAKHIR BAHAR BERWASIAT INI”. Faktanya hingga saat ini tidak ada konfirmasi ataupun berita yang valid terkait meninggalnya Habib Bahar.

Dalam unggahan video di atas menjelaskan mengenai kasus penembakan Habib Bahar oleh orang tak dikenal serta kondisinya pada saat itu yaitu Mei 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, berita meninggalnya Habib Bahar sudah beberapa kali beredar. Di tahun 2022 lalu, sudah beredar pemberitaan meninggalnya Habib Bahar, kemudian di bulan Mei 2023 berita serupa muncul dan telah dikonfirmasi bahwa berita-berita tersebut adalah tidak benar (suara.com).

[REFERENSI]:
[1] https://www.youtube.com/watch?v=1JBk4U9hnwo&t=5s
[2] https://selebtek.suara.com/read/2023/05/19/192309/cek-fakta-habib-bahar-meninggal-dunia-nasibnya-berakhir-mengenaskan