[SALAH] Anies Baswedan Menjadi Tersangka Atas Kasus Korupsi BTS

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Anies Baswedan ditetapkan menjadi tersangka atas kasus korupsi BTS merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik detik.com berjudul “Kata Anies soal Johnny Plate Tersangka Kasus BTS Rp 8 T”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687495319.634111/singlefile.html

=======

[NARASI]: “GEGER SIANG INI!! RESMI JADI TERSANGKA, ANIES BASWEDAN PASRAH, INI KATA TERAKHIRNYA”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Dua Sisi (https://youtube.com/@duasisi4407) pada 4 Juni 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Anies Baswedan telah resmi ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi BTS dan menjadi aktor utama ata kasus tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik detik.com berjudul “Kata Anies soal Johnny Plate Tersangka Kasus BTS Rp 8 T” yang diupload pada 17 Mei 2023.

Artikel asli tersebut membahas mengenai pertemuan Anies dengan Surya Paloh. Di sana Anies mengungkapkan keprihatinannya terhadap kasus yang menjerat Johnny Plate, dan di sisi lain Anies juga kagum terhadap Surya Paloh yang dinilai konsisten dengan prinsip nya.

Lebih lanjut, hingga saat ini pun tidak ada informasi resmi dan bukti valid mengenai status tersangka yang disangkakan kepada Anies Baswedan. Sehingga dapat disimpulkan informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Dua Sisi di atas merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6726056/kata-anies-soal-johnny-plate-tersangka-kasus-bts-rp-8-t
[2] https://www.merdeka.com/cek-fakta/para-tokoh-ini-jadi-korban-hoaks-kasus-korupsi-bts-dari-anies-baswedan-sampai-jk.html