[SALAH] Pondok Pesantren Al-Zaytun Telah Hangus Terbakar

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Hingga akhir video tidak ditemukan pernyataan yang membenarkan bahwa Pondok Pesantren Al-Zaytun telah hangus terbakar usai adanya aksi yang menuntut penutupan Al-Zaytun karena dianggap sesat.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1687537840.788957/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “AMARAH UMMAT ISLAM TAK TERBENDUNG, PONPES AL ZAYTUN DIBAKAR HINGGA HANGUS TAK TERSISA”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 22 Juni 2023 lalu beredar video dengan klaim bahwa Pondok Pesantren Al-Zaytun hangus terbakar. Klaim ini beredar setelah aksi demo yang menuntut agar Ponpes Al-Zaytun ditutup karena dinilai menyimpang dari ajaran agama Islam.

Thumbnail video tersebut setelah ditelusuri, rupanya foto gedung yang terbakar pada thumbnail tersebut merupakan Gedung Bappelitbang yang pada November 2022 lalu terbakar. Foto tersebut serupa dengan foto yang ada pada artikel berjudul, “Polisi Amankan Satu Orang dalam Kebakaran Gedung Bappelitbang Bandung” yang diunggah di pikiran-rakyat.com 7 November 2022.

Kemudian untuk isi video tersebut informasi yang disampaikan oleh narator merupakan informasi yang sama dengan artikel yang pernah diunggah di metrotvnews.com dengan judul, “Pemprov Jabar Kumpulkan Puluhan Ulama Bahas Polemik Ponpes Al-Zaytun”.

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa klaim Pesantren Al-Zaytun yang hangus terbakar tersebut tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://editornews.pikiran-rakyat.com/berita/pr-1315804675/polisi-amankan-satu-orang-dalam-kebakaran-gedung-bappelitbang-bandung

https://www.metrotvnews.com/read/NA0CX1Rq-pemprov-jabar-kumpulkan-puluhan-ulama-bahas-polemik-ponpes-al-zaytun