[SALAH] TOLAK CAPRESKAN GANJAR, KADER SENIOR PDIP DEKLARASIKAN ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa kader senior PDIP tolak capreskan Ganjar dan deklarasikan Anies.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1685776106.444719/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]:
TOLAK CAPRESKAN GANJAR !! KADER SENIOR PDIP LANGSUNG DEKLARASIKAN ANIES || BERITA TERBARU

Kecam megawati…
TOLAK USUNG GANJAR CAPRES
KADER SENIOR PDIP PERTANYAKAN APA PRESTASI GANJAR (dalam thumbnail)

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube TEROPONG ISTANA dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa kader senior PDIP tolak capreskan Ganjar dan deklarasikan Anies.

Setelah dilakukan penelusuran, video unggahan tersebut berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu dan dalam video tersebut tidak terdapat pemberitaan terkait kader senior PDIP yang menolak pencapresan Ganjar.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari rmol.id berjudul “Ganjar Pranowo Semakin Terjepit dan Sulit Dapat Tiket PDIP” yang diunggah pada 19 Desember 2022 dan juga artikel dari jakartainsider.id berjudul “Anies Baswedan ikon perubahan, kata Rocky Gerung” yang diunggah pada 13 Desember 2022.

Thumbnail yang ditampilkan pada video tersebut identik dengan gambar unggah artikel kompas.com berjudul “PDI-P dan Perindo Daftar Caleg, Ricuh di Gerbang KPU” yang diunggah pada 17 Juli 2018.

Foto tersebut menampilkan peristiwa kericuhan di gerbang masuk Kantor KPU akibat massa PDI-P dan Perindo datang hampir bersamaan ke Kantor KPU. Peristiwa tersebut sama sekali tidak berkaitan klaim pada video tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa kader senior PDIP tolak capreskan Ganjar dan deklarasikan Anies tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.jawapos.com/ternyata-hoax/01685874/campur-aduk-foto-dan-berita-lama-untuk-narasikan-tolak-ganjar

https://politik.rmol.id/read/2022/12/19/557554/ganjar-pranowo-semakin-terjepit-dan-sulit-dapat-tiket-pdip

https://www.jakartainsider.id/politika/pr-7316050837/anies-baswedan-ikon-perubahan-kata-rocky-gerung?page=2&_gl=1*1x9cgzt*_ga*bWgyRHZFaGlvb1RnRW5wRzNueUVvM3dKb3ZvZGphbmpSVy0tZm1nQjM3REJNd0NHbjdvSDVKTHI1bXhqMWRLTA..

https://nasional.kompas.com/read/2018/07/17/14360851/pdi-p-dan-perindo-daftar-caleg-ricuh-di-gerbang-kpu