[SALAH] KPU NYATAKAN GANJAR TIDAK LOLOS PENDAFTARAN PILPRES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video klaim tersebut sama sekali tidak ditemuka informasi bahwa KPU nyatakan Ganjar tidak lolos pendaftaran pilpres akibat ketahuan ingin jegal Anies.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1686038941.891496/singlefile.html (Facebook)

=======

[NARASI]: J-kw & Meg4wati P4nik! Ket4huan Ingin J3g4l Ani3s, K-pu Ny4takan G4njar Tak L0los Pend4ftaran Pilpres!.

~~ MENGEJUTKAN..!!!
KPU SEBUT GANJAR TAK LOLOS MAJU PILPRES
GEMPAR! JKW & MEGAWATI KETAHUAN INGIN JEGAL ANIES
KPU NYATAKAN GANJAR TAK LOLOS PENDAFTARAN PILPRES (dalam thumbnail)

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari halaman facebook bernama Terminal hati dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa KPU nyatakan Ganjar tidak lolos pendaftaran pilpres akibat ketahuan ingin jegal Anies.

Setelah dilakukan penelusuran, dalam video tersebut hanya berisi potongan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut tidak ditemukan pemberitaan terkait KPU yang menyatakan Ganjar tidak lolos pendaftaran pilpres akibat ketahuan ingin jegal Anies.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari suara.com berjudul “Menanti Gebrakan Anies Baswedan Usai Ganjar Pranowo Resmi Jadi Rivalnya di Pilpres 2024” yang diunggah pada 24 April 2023.

Thumbnail yang manampilkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memegang surat beserta Ganjar Pranowo tersebut identik dengan gambar unggahan artikel replubika.co.id berjudul “Ganjar Pranowo Diberi Sanksi Teguran Lisan oleh PDIP” yang diunggah pada 24 Oktober 2022.

Dalam foto tersebut terdapat keterangan bahwa surat tersebut merupakan surat instruksi dari PDIP terkait teguran lisan kepada Ganjar atas pernyataannya yang siap maju sebagai calon presiden 2024 sehingga menimbulkan multitafsir di publik.

Melansir dari situs resmi KPU, pendaftaran calon presiden baru akan dibuka pada 19 Oktober 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa KPU nyatakan Ganjar tidak lolos pendaftaran pilpres akibat ketahuan ingin jegal Anies tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/05/150000082/-hoaks-kpu-nyatakan-ganjar-pranowo-tidak-lolos-pendaftaran-capres?page=all#page2

https://www.suara.com/kotaksuara/2023/04/24/133213/menanti-gebrakan-anies-baswedan-usai-ganjar-pranowo-resmi-jadi-rivalnya-di-pilpres-2024

https://visual.republika.co.id/berita/rk9bxt283/ganjar-pranowo-diberi-sanksi-teguran-lisan-oleh-pdip

https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Peserta_pemilu