[SALAH] “JOKOWI PERINTAHKAN MAHFUD MD DAN SRI MULYANI UNTUK SITA HARTA MILIK SURYA PALOH”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jokowi perintahkan Mahfud Md dan Sri Mulyani sita harta Surya Paloh.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1685334862.785083/singlefile.html

=====

[NARASI]: S1TA KEKAYAAN SURYA PALOH – JOKOWI T4K M4IN-M4IN SOAL ALIRAN DANA K0RVPSI BTS

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun media sosial Facebook dengan nama pengguna “Doa Ibu” menunggah video dengan narasi Jokowi perintahkan Mahfud Md dan Sri Mulyani sita harta Surya Paloh.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu cuplikan video terlihat ada banyak tumpukan uang yang dinarasikan uang itu adalah hasil sitaan milik Surya Paloh.

Namun, video tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube milik Tribunnews dengan judul Penampakan Uang Rp52,3 Miliar Hasil Korupsi Edhy Prabowo yang Disita KPK, Ditumpuk Setinggi Anak SD.

Berdasrkan penjelasan diatas klaim tentang Jokowi perintahkan Mahfud Md dan Sri Mulyani sita harta Surya Paloh adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=RpqCYveu1Hk