[SALAH] Thumbnail Arteria Dahlan Ditangkap karena Sembunyikan LHKPN dan Menghindari Pajak

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar thumbnail video merupakan hasil beberapa gambar yang disunting menjadi satu gambar. Faktanya, seseorang yang ditangkap bukan Arteria Dahlan melainkan Budi Hartono Linardi yang menjadi tersangka kasus korupsi impor baja.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1682497515.488315/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Mengejutkan..!
ARTERIA TERCIDUK
SEMBUYIKAN LHKPN, HINDARI PAJAK”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Trending memposting video berdurasi 10 menit 10 detik pada 2 April 2023. Pada thumbnail video nampak Arteria memakai rompi tahanan dan sedang diapit oleh petugas. Jika dilihat lokasi tersebut ada di Kejaksaan Agung.

Setelah ditelusuri gambar thumbnail video merupakan hasil suntingan. Seseorang yang diapit petugas bukan Arteria Dahlan melainkan Budi Hartono Linardi yang menjadi tersangka kasus korupsi impor baja. Gambar petugas yang duduk berjajar dan ruangan identik dengan gamabr pada artikel Kompas.com berjudul “Kejaksaan Tangkap Dokter yang Tujuh Tahun Jadi Buron Kasus Korupsi”. Gambar tersebut diambil saat Kejaksaan Agung merilis penangkapan dokter Bagoes Sotjipto Soelyodikoesoemo pada Rabu, 29 November 2017 di Kejaksaan Agung, Jakarta. Jika dilihat lebih detail tidak ada Jaksa Agung ST Burhanuddin pada petugas yang berjajar di meja. Foto Jaksa Agung ST Burhanuddin merupakan tempelan, foto tersebut identik dengan gambar pada artikel RMOL.ID “
Perintah Jaksa Agung Tepat, Melek Digital untuk Perbaikan Pelayanan Publik”.

Dengan demikian thumbnail yang memperlihatkan Arteria Dahlan ditangkap karena terciduk sembunyikan LHKPN dan menghindari pajak merupakan hasil suntingan. Seseorang yang ditangkap bukan Arteria Dahlan melainkan Budi Hartono Linardi yang menjadi tersangka kasus korupsi impor baja, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://nasional.kompas.com/read/2017/11/29/13182101/kejaksaan-tangkap-dokter-yang-tujuh-tahun-jadi-buron-kasus-korupsi
https://news.detik.com/berita/d-6107488/budi-hartono-linardi-ditetapkan-jadi-tersangka-kasus-korupsi-impor-baja
https://politik.rmol.id/read/2023/04/05/569555/perintah-jaksa-agung-tepat-melek-digital-untuk-perbaikan-pelayanan-publik