[SALAH] FOTO TENTARA RUSIA MENENGGELAMKAN TANK LEOPARD DI LUMPUR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya foto tank tersebut merupakan tank Leopard milik TNI Angkatan darat dan bukanlah tank milik Ukraina.

====

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1682277728.426598/singlefile.html (Twitter)

====

[NARASI]: “Russian soldiers sink a Leopard tank in the mud in Kherson

A group of Russian commandos captured a Leopard tank in Kherson province and decided to drown it in the swamp, marking the first Leopard down on the Ukrainian battlefield.”

Terjemahan: “Tentara Rusia menenggelamkan tank Leopard di lumpur di Kherson

Sekelompok komando Rusia menangkap tank Leopard di provinsi Kherson dan memutuskan untuk menenggelamkannya di rawa, menandai Leopard pertama yang turun di medan perang Ukraina.”

====

[PENJELASAN]:
Beredar foto dari akun twitter @HHungduc yang menampilkan sebuah tank berada di daerah berlumpur dengan narasi yang mengklaim bahwa tentara Rusia berhasil menenggelamkan tank Leopard milik Ukraina di lumpur di provinsi Kherson.

Setelah dilakukan penelusuran, foto tank tersebut identik dengan foto yang diunggah pada artikel kumparan.com berjudul “TNI Klarifikasi Soal Akun TNI yang Sebut Pemuda Kritis Layak Ditembak” yang diunggah pada 6 Februari 2019. Pada foto tersebut terdapat keterangan bahwa tank tersebut merupakan tank Leopard milik TNI AD.

Foto serupa juga ditemukan pada akun instagram resmi Batalyon Kavaleri 1 Kostrad (@yonkav1_kostrad). Dalam foto yang diunggah pada 3 Juni 2018 tersebut terdapat keterangan “Leopard in Action :flag-id:“.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa tentara Rusia berhasil menenggelamkan tank Leopard milik Ukraina di lumpur di provinsi Kherson tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/18/110501082/foto-tank-tni-ad-dicatut-dalam-propaganda-perang-rusia?page=all#page2

https://kumparan.com/kumparannews/tni-klarifikasi-soal-akun-tni-yang-sebut-pemuda-kritis-layak-ditembak-1549426053506654229/1

https://www.instagram.com/yonkav1_kostrad/