[SALAH] Video Pemerintah Turki Eksekusi Kontraktor yang Menyebabkan Bangunan Runtuh Saat Gempa Turki Januari 2023

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut diambil pada saat perang saudara di Suriah pada tahun 2013. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/vCNWM

= = =

Narasi:

“:white_tick: Pemerintah Turki menembak semua kontraktor yang mengabaikan standar saat membangun, dibayar pemerintah untuk mengadopsi teknologi anti gempa (sismic dumper) di fondasi bangunan tetapi kontraktor menggunakan ban mobil, pemerintah mengambil tindakan memasukkan semua kontraktor dalam ban yang sama dan membakar tubuh mereka. Beginilah akhirnya korupsi”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video menunjukkan penembakan terhadap banyak orang yang dilakukan oleh beberapa orang berpakaian baju militer. Pemerintah Turki diklaim yang melakukan penembakan tersebut kepada semua kontraktor yang mengabaikan standar pembangunan dalam instalasi teknologi anti gempa atau sismic dumper yang mengakibatkan sebagian besar bangunan hancur saat gempa Turki pada Januari 2023.

Setelah ditelusuri, faktanya video tersebut adalah video pembantaian yang diambil di Suriah pada saat perang saudara tahun 2013. Dilansir dari AFP, ditemukan tangkapan layar yang identik pada video tersebut dalam sebuah artikel yang mengulas genosida Suriah 2013.

Pemerintah Turki memang memproses hukum setelah menemukan adanya dugaan tindak kriminal yang dilakukan oleh pengembang kontraktor karena banyaknya banguna006E yang tidak sesuai standar sehingga menyebabkan banyaknya kerusakan yang sangat parah saat gempa pada Januari 2023, namun video tersebut tidak ada kaitannya dengan proses hukum ini.

Dengan demikian, video pemerintah Turki eksekusi kontraktor yang menyebabkan bangunan runtuh saat gempa Turki pada Januari 2023 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33CP3GB

https://www.barrons.com/news/turkey-expands-probe-into-construction-sector-after-quake-9474b25d

https://ameblo.jp/junkjunkgame/entry-12740412766.html

===