[SALAH] Foto “Gerhana Matahari dari Manokwari Papua Barat.”

BUKAN foto gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat. Foto-foto itu adalah foto hasil buatan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Arman Namsa (fb.com/arman.namsa) pada 20 April 2023 mengunggah beberapa foto yang menampilkan awan dan matahari dengan narasi:

“Gerhana Matahari dari Manokwari Papua Barat.”

Sumber: archive.ph/uI20v (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang menampilkan awan dan matahari yang diklaim sebagai penampakan gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan foto gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat. Foto-foto itu adalah foto hasil buatan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Salah satu foto, diunggah oleh akun Instagram Lars Pohlmann pada 18 Maret 2023 dengan narasi:

“tryptamine clouds – 1 created with MidJourney.com Thanks for all the nice comments! Please keep in mind: Those images were created by an AI (MidJourney). I put words into a machine and post the best results. #aiart #midjourney #midjourneyart #psychedelicart #generativeart #trippyart #spiritualart #visionaryart #higherconsciousness #psytrance #psyart #dmtart #ayahuascaart #Psychedelic #Spiritual #MindAltering #Inspiration”

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/Cp63HQDD4vN/

About Adi Syafitrah 1628 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo