[SALAH] FADLIZON RESMI JADI DITETAPKAN TERSANGKA FADLIZON LANGSUNG DI EKSEKUSI !!

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Tidak ditemukan informasi mengenai Fadli Zon yang ditetapkan sebagai tersangka kasus terorisme yang disampaikan dalam video. Video merupakan hasil manipulasi beberapa video podcast Youtube Fadli Zon, Denny Siregar, dan video lain disertai dengan narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1680941229.152518/singlefile.html

= = = = =

Narasi : FADLIZON RESMI JADI DITETAPKAN TERSANGKA FADLIZON LANGSUNG DI EKSEKUSI !!

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube POLEMIK MILITER mengunggah video yang berjudul “FADLIZON RESMI JADI DITETAPKAN TERSANGKA FADLIZON LANGSUNG DI EKSEKUSI !!”. Video tersebut diunggah pada tanggal 19 Februari 2023 dengan tampilan tumbnail dari BBC NEWS dengan judul: “DETIK-DETIK SEBELUM EKSEKUSI, FADLIZON DI KAWAL KETAT PASUKAN BERSENJATA”. Dalam tumbnail juga ditampilkan gambar Fadli Zon yang mengenakan baju tahanan serta sorban dengan dikelilingi Densus 88.

Tidak ditemukan informasi mengenai Fadli Zon yang ditetapkan sebagai tersangka kasus terorisme yang disampaikan dalam video. Narasi dalam video yang diunggah membahas mengenai polemik opini dari Fadli Zon mengenai pembubaran Densus 88. Foto dalam tumbnail juga merupakan hasil editan.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video identik dengan video podcast Youtube Fadli Zon Official yang diunggah pada tanggal 29 November 2020 dengan judul: “BATALKAN CALLING VISA ISRAEL BISA KE INDONESIA !!!”. Video Fadli Zon lain yang ditampilkan juga identik dengan video yang terdapat dalam akun Youtube resmi Fadli Zon Official.

Video lain yang dicuplik adalah video yang diunggah oleh akun Youtube COKRO TV pada tanggal 15 Maret 2022 dengan judul: “Denny Siregar: PENJAGA KEDAMAIAN”.

= = = = =

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=2s1k9xTr6tM
https://www.youtube.com/watch?v=6SZ1cc8TOv0
https://www.youtube.com/watch?v=QVHINsjVOYQ