[SALAH] Investigasi Majalah Tempo Menyimpulkan Penolakan Israel adalah Sikap Resmi Pemerintahan RI dan PSSI

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Infografis mengatasnamakan Tempo tidak benar. Faktanya, Tempo tidak pernah menerbitkan infografis tersebut dan informasi mengenai penolakan Israel adalah sikap resmi Pemerintahan RI dan PSSI tidak benar.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1681654285.229716/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Kesimpulan Investigasi Tempo :

  • Penolakan Israel adalah sikap resmi Pemerintah RI dan PSSI.
  • Pembahasan soal Israel dilakukan pemerintah sejak Agustus 2022
  • PSSI gagal lobi FIFA agar Piala Dunia berjalan tanpa langgar konstitusi.
    Cc @PSSI/@erickthohir”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Twitter @aan_muba memposting sebuah infografis Investigasi Tempo tentang Penolakan Israel Adalah Sikap Pemerintah dan PSSI. Terdapat 3 kesimpulan diantaranya Penolakan Israel adalah sikap resmi Pemerintahan RI dan PSSI, Pembahasan soal Israel dilakukan pemerintah sejak Agustus 2022, PSSI gagal lobi FIFA agar Piala Dunia berjalan tanpa langgar konstitusi. Postingan tersebut diunggah pada 3 April 2023 dan infografis tersebut bersumber dari majalah Tempo 2 April 2023.

Setelah ditelusuri, Tempo pada artikel berjudul “Menyesatkan, Investigasi Majalah Tempo Simpulkan Pemerintah RI dan PSSI Tolak Kedatangan Timnas Israel” menginformasikan bahwa infografis yang beredar berbeda dengan yang diterbitkan Majalah Tempo dengan judul laporan utama “Kartu Merah Teuku Umar”. Beberapa informasi sama, tapi informasi mengenai pemerintah RI dan PSSI menolak kedatangan Timnas Israel adalah salah. Pemerintah pusat dan PSSI berusaha agar Indonesia tetap bisa menjadi tuan rumah, hal tersebut diungkapkan oleh Setri pada Selasa 11 April 2023.

Dengan demikian infografis mengatasnamakan Tempo yang mengklaim bahwa penolakan Israel adalah sikap resmi Pemerintahan RI dan PSSI tidak benar. Tempo tidak pernah menerbitkan infografis tersebut dan informasi mengenai penolakan Israel adalah sikap resmi Pemerintahan RI dan PSSI tidak benar, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2236/menyesatkan-investigasi-majalah-tempo-simpulkan-pemerintah-ri-dan-pssi-tolak-kedatangan-timnas-israel