[SALAH] Video Tumpukan Sampah di Cina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video tersebut diambil di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang Bekasi, bukan tumpukan sampah di Cina.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: GETTR
https://archive.ph/lahLm

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Tumpukan sampah di Cina”.

=====

Penjelasan:
Salah satu akun pengguna GETTR bernama @CourageStar (Himalaya Japan Galaxy Courage Star) mengunggah video yang memperlihatkan tumpukan sampah yang sedang diolah dengan beberapa traktor. Video tersebut diklaim sebagai tumpukan sampah di Cina. Video yang diunggah pada 17 Maret tersebut telah disukai empat orang dan telah dibagikan ulang sebanyak tiga kali.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Yandex Video Search, video serupa telah diunggah beberapa kali oleh pengguna sosial media lain, salah satunya Instagram. Video tersebut diunggah pertama kali dan diambil oleh @alivikry di Instagram dengan keterangan sebagai berikut:

“Kalau Jakarta Banyak Gedung, di Bekasi Ada Sampah Setinggi Gedung. Yuk kita lihat lebih dekat proses pengangkutan sampah, hingga sampai ke puncak gunung sampah”.

@alivikry juga menuliskan TPST Bantar Gebang, Bekasi, sebagai tempat diambilnya video tersebut.

Selain itu, informasi serupa juga pernah dibahas oleh AFP Fact Check dengan judul “Video of Indonesian landfill falsely shared as ‘garbage mountain’ in China”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @CourageStar di platform GETTR merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/reel/CoYkpfWj1HF/embed/captioned/


https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33CX7XP