[SALAH]: Bandara King Hamad di Doha Qatar Memiliki Luas 776 Kilometer Persegi dan Lebih Besar Daripada Kota Mumbai di India

Informasi yang salah. Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar hanya memiliki luas 22 kilometer persegi dan luas terminal 600.000 meter persegi, sedangkan bandara yang memiliki luas 776 kilometer persegi adalah bandara King Fahd yang terletak di Arab Saudi dan merupakan bandara terbesar di dunia saat ini.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: INSTAGRAM (http://bitly.ws/zVDD)

======

[NARASI]:

“Ini adalah airport King Hamad di Doha, Qatar, taulah kalian bandara ini luasnya 776 km2 sedangkan kota Mumbai di India luasnya hanya 603km2, artinya airport ini lebih luas dari kota Mumbai di India!”

======

[PENJELASAN

Akun Instagram fakta.jenius mengunggah sebuah postingan berupa gambar bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar yang diklaim memiliki luas 776 kilometer persegi dan bahkan lebih luas daripada kota Mumbai di India yang hanya memiliki luas 603 kilometer persegi.

Berdasarkan penelusuran, informasi yang dibagikan akun tersebut terkait luas bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar adalah keliru. Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar hanya memiliki luas 22 kilometer persegi dan luas terminal 600.000 meter persegi.

Sekedar informasi, bandara Internasional Hamad mulai beroperasi sejak tahun 2014. Selain itu, bandara ini dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia tahun 2022 oleh perusahaan konsultan sekaligus pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax.

Sementara itu, bandara yang memiliki luas 776 kilometer persegi adalah bandara King Fahd yang terletak di Arab Saudi dan merupakan bandara terbesar di dunia saat ini. Bandara yang terletak di Dammam, Arab Saudi, ini memiliki luas hingga 776 kilometer persegi. Luas bandara ini bahkan melebihi luas negara tetangganya, yaitu Bahrain.

======

REFERENSI:

https://newsroom.ferrovial.com/en/photo_gallery/hamad-international-airport-doha-qatar-photos/

https://www.worlddata.info/asia/qatar/airports.php

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/10/10-bandara-terbesar-di-dunia-luasnya-lebih-dari-700-km2