[SALAH] Klitih di Solo

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, Gibran Walikota Solo serta Kompol Dani Permana Putra selaku Kasat Samapta Polresta Solo menerangkan bahwa tidak ada klitih di Solo.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =
SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1674567520.587224/index.html

= = = = =
NARASI:
“Sedikit cerita tadi pagi sama mas @vianhp55 sekitar jam set 4 Lokasi Depan solo square sampai tanjakan flyover purwosari, buat temen” yg bisa cek cctv lampu merah tolong bantuannya agar bisa di tindak lanjuti. #solo24jam #klitih #soloantiklitih”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Tiktok ibal.ibul memposting sebuah video berdurasi 3 menit bercerita bahwa diincar klitih dari Kleco sampai di daerah Solo Square. Peristiwa dikejar dan dikepung 5 sepeda motor yang membawa senjata tajam celurit dan gir terjadi sekitar pukul 03.00-04.00 WIB. Postingan tersebut diunggah pada 23 Desember 2022.

Setelah ditelusuri, postingan tersebut sudah tersebar di media sosial twitter dan mendapatkan respon dari Gibran selaku Walikota Solo. Gibran mengimbau video tersebut jangan disebarkan kembali, karena merupakan hoaks dan sudah diklarifikasi oleh pembuatnya. Akun penyebar video tersebut telah membuat permintaan maaf berupa video yang diposting pada akun Tiktoknya pada 29 Desember 2022. Dalam video tersebut pemuda yang mengaku menjadi korban klitih sudah berkomunikasi dengan Kasat Samapta Polresta Solo, Kompol Dani Permana Putra. Polresta Solo memastikan Solo tidak ada klitih atau kegiatan pemuda di malam hari yang mengganggu/membahayakan orang lain. Keterangan yang sama dikeluarkan oleh Kompol Dani saat dimintai keterangan oleh Solopos, bahwa Solo dalam kondisi aman dan tertib. Tidak ada gangguan klitih dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena tim Sparta selalu siap mengamankan Solo dan merespon setiap aduan dari masyarakat.

Dengan demikian informasi mengenai klitih di Solo tidak benar. Hal tersebut diterangkan oleh Gibran Walikota Solo serta Kompol Dani Permana Putra selaku Kasat Samapta Polresta Solo, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://twitter.com/gibran_tweet/status/1617331143501832193?s=19
https://vt.tiktok.com/ZS8AuLo1H/
https://www.solopos.com/viral-gegara-ngaku-jadi-korban-klitih-di-solo-seorang-pemuda-meminta-maaf-1511146