[SALAH] Jus Daun Pepaya untuk Obat Demam Berdarah Dengue (DBD)

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Salah, daun pepaya belum terbukti bisa menyembuhkan virus Demam Berdarah Dengue (DBD). Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI dan WHO mengonfirmasi bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa jus daun pepaya dapat menyembuhkan DBD.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“Cara membuat Juice tersebut:

2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain.

Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun.

Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari.

Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang.

Ingat:

hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.”

=====
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1674140906.73353/singlefile.html

=====
PENJELASAN:
Beredar kembali hoaks tentang khasiat jus daun pepaya yang dapat menyembuhkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Postingan tersebut, menjelaskan cara membuat jus daun pepaya untuk penyembuhan DBD.

Hoaks ini beredar sejak tahun 2020. Turnbackhoax.id pernah membahasnya pada 14 Januari 2020 dengan judul “[SALAH] Jus Daun Pepaya Mentah Obat DBD”. Artikel senada juga pernah diposting pada 21 Januari 2022 dengan judul “[SALAH] Jus Daun Pepaya Dapat Menyembuhkan DBD”. Dua artikel tersebut membatah klaim jus daun pepaya dapat menyembuhkan DBD.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengonfirmasi bahwa cara untuk menyembuhkan DBD dengan jus daun pepaya adalah tidak benar. Tidak ada studi ilmiah yang membuktikan hal itu dan sampai saat ini belum ada obat khusus untuk menyembuhkan DBD. Hingga saat ini pula, belum ada obat yang benar-benar berkhasiat untuk menyembuhkan DBD. Sebabnya, DBD merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus.

WHO juga mengatakan bahwa, belum ada obat DBD yang ditemukan. Cara alternatif untuk mengobati DBD adalah pasien harus beristirahat, tetap terhidrasi dan mencari rekomendasi medis. Perawatan suportif seperti penurun demam dan penghilang rasa sakit dapat dilakukan untuk mengendalikan gejala nyeri dan nyeri otot, serta demam.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim jus daun pepaya dapat menyembuhkan DBD adalah keliru dan termasuk kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI: