[SALAH] Video Bule Ojo Dibandingke dalam The Voice Eropa

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut merupakan hasil editing yang mana suara asli penyanyi diganti dengan lagu Ojo Dibandingke. Faktanya, lagu yang dinyanyikan adalah Dancing In the Dark dalam ajang The Voice Norway.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1673834071.825024/output.pdf

= = = = =
NARASI:
“The Voice Eropa
Brunce Springsteens
“Ojo Di Bandingke”
Versi Bule
Yes semua
Juri nya sedih Denger
Lagu nya
Beri Komentar ya ..?”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Tiktok tasyasarani memposting sebuah video berdurasi 1 menit 59 detik. Nampak seorang laki-laki membawa gitar sedang bernyanyi di ajang The Voice Eropa. Laki-laki tersebut menyanyikan lagu Ojo Dibandingke.

Setelah ditelusuri, ditemukan video asli pada kanal Youtube The Voice Norway berjudul “Jørgen Dahl Moe | Dancing In the Dark (Bruce Springsteen) | Blind auditions | The Voice Norway”. Jika diamati lagu yang dinyanyikan bukan lagu Ojo Dibandingke melainkan lagu Dancing In the Dark dan yang menyanyikan pada video tersebut adalah Jørgen Dahl Moe.

Dengan demikian, video tersebut merupakan hasil editing yang mana suara asli penyanyi diganti dengan lagu Ojo Dibandingke. Pada video yang asli lagu yang dinyanyikan adalah Dancing In the Dark dalam ajang The Voice Norway, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=X3ruKFDmChY