[SALAH] Video Putri Duyung Afrika

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut merupakan hasil editan dan hoaks lama yang kembali beredar.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1673062611.340623/singlefile.html

= = = = =
NARASI:
“TERNYATA BENAR ADA..!
NELAYAN INI MENAIKAN JALA, APA YG MEREKA TANGKAP TERNYATA BUKAN IKAN MELAINKAN PUTRI DUYUNG..”
“PUTRI DUYUNG AFRIKA”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Izul Gaming memposting sebuah video berdurasi 9 menit 1 detik pada 5 Januari 2023 pukul 12.11. Dalam video tersebut nampak orang yang mempunyai ekor seperti ikan yang diklaim sebagai putri duyung afrika. makhluk tersebut nampak di kerumuni oleh beberapa orang.
Setelah ditelusuri, informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Artikel periksa fakta putri duyung afrika pada bulan April 2022 sudah dibuat pada website turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Putri duyung nyata ditemukan di Afrika”. Berdasarkan artikel tersebut video putri duyung afrika tersebut merupakan hasil editan.

Lebih lanjut melansir dari Snopes.com pada artikel berjudul “Does Video Show a Mermaid Found in Kenya?” pejabat di Kenya dan Afrika Selatan mengatakan belum ada laporan tentang putri duyung yang ditemukan di pantai. Kemungkinan besar video tersebut gabungan gambar dan video yang diubah secara digital. Saat diamati pasir kehilangan tekstur saat lengan yang diklaim putri duyung tersebut bergerak. Pada satu titik, jari-jarinya bahkan menghilang, menunjukan bahwa “tubuh putri duyung” dimasukan secara digital.

Dengan demikian, video putri duyung afrika merupakan hasil editan sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2022/04/28/salah-putri-duyung-nyata-ditemukan-di-afrika/
https://www.snopes.com/fact-check/mermaid-found-in-kenya/